Rabu, 10 Desember 2014

BASIC MARKETING ‘ WORKSHOP MARKETING PLAN - Mr. Hermas Puspito



Mr.Hermas Puspito adalah pakar di bidang Marketing Strategy for Business , dan pencetus dari webpraktis serta membantu dan membimbing ukm2 yang ada di seluruh indonesia .
Mr.hermas Puspito mengajarkan bagaimana membuat bisnis plan tersebut , ketika kita dituntut memikirkan dan menuliskan ide bisnis sebanyak-banyaknya dalam waktu 2 menit , pasti akan banyak ide yang kita dapat , tetapi memilih ide bisnis yang tepat bagi kita itu tidak mudah , bagaimana kita memiliki bisnis yang tidak hanya ada saat trand sedang berlangsung , tetapi harus memiliki usaha yang berjangka waktu 1 , 2 , 5 , 10 tahun kedepan .

Bagaimana menetukan ide bisnis yang tepat dan terarah :
-          Tentukan dahulu siapa target pasarnya
-          Dimana kita akan menemukan target pasar
-          Berapa nominal yg pantas kita dapatkan dari bisnis tersebut
-          Dimana konsumen dapat menemukan produk atau tempat usaha
-          Apa differensiasi & kelebihan produk 

Sebuah perencanaan usaha harus memiliki 3 tujuan utama :

1. Action Plan
Sebuah perencanaan usaha akan membantu untuk bergerak dan mengambil tindakan bisnis. Kita mungkin sudah lama memikirkan untuk memulai sebuah usaha, tetapi prosesnya mungkin tampak seperti sesuatu yang ‘menakutkan’ dan terlalu kompleks.

2. Road Map
Seketika memulai sebuah usaha, perencanaan usaha akan menjadi alat yang sangat berguna agar usaha tetap pada arah yang diinginkan.

3. Sales Tool
sebuah perencanaan usaha merupakan sebuah alat bantu penjualan (Sales Tool), sehingga sebuah perencanaan usaha merupakan alat yang bisa dipergunakan untuk meyakinkan investor untuk menempatkan investasinya di usaha tersebut.

Membangun bisnis itu seperti membangun sebuah rumah harus ada pondasi dan tiang-tiang sebagai penopang bisnis kita agar tetap kuat .












Dan yang paling terpenting adalah market karena market bagian dari pondasi dalam bisnis yang kita buat , bagaimana kita menjual suatu produk yang tidak hanya wants tapi needs dan bermanfaat bagi konsumen.

Strategi Produk


Untuk mencapai good product memerlukan beberapa tahapan .


-         BRAND ; harus mudah di ingat , logo harus menarik , mudah untuk di ucapkan , dan yang terpenting adalah daftarkan merk / brand usaha kita .
-          FITUR ; Jasa , konten , kemasan , ukuran , semua harus kita perhatikan dan beri label halal untuk menciptakan rasa aman bagi konsumen
-          USP ; kelebihan dari produk kita
-          INOVASI ; untuk membuat bisnis kita tetap bertahan dan diminati konsumen diperlukan inovasi dari produk tersebut .

Teknik untuk meningkatkan omzet penjualan , dan agar pembeli membeli produk kita :
-          Foto Produk ; gunakan foto produk yang jelas dan menarik
-          Testimoni Pembeli ; meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk kita
-          Bonus Hadiah ; untuk memikat calon pembeli
-          Call to action ;

Cara membangun loyalitas atau kesetiaan konsumen :
-          Memiliki kelebihan dibanding pesaing
-          Inovasi berkelanjutan
-          Ciptakan varian baru
-          Program promosi

By Rizki Bara Ginting


EmoticonEmoticon